MANAJEMEN PENGADAAN DAN PEMBELIAN

manajemen PENGADAAN DAN PEMBELIAN

manajemen PENGADAAN DAN PEMBELIAN

DESKRIPSI

Sebuah perusahaan dalam berproduksi tidak bisa dilepaskan dengan kegiatan pengadaan serta pembelian bahan baku, maupun kebutuhan pendukung lainnya. Kegiatan pembelian ini mutlak harus dilakukan mengingat bahwa perusahaan tidak lah semerta merta mampu memenuhi kebutuhan bahan dasa untuk produksi. Terkait dengan kegiatan ini, proses pengadaan dan pembelian dalam sebuah perusahaan menjadi kegiatan yang harus diperhatikan dengan baik. Perlu adanya tata kelola dan management yang baik agar cost yang di keluarkan tepat sasaran.

Dalam pelatihan kali ini akan menekankan pada pembahasan yang meliputi pentingnya fungsi pembelian, sistem dan organisasi pembelian, Proses identifikasi dan evaluasi pemasok (supplier), Teknik negosiasi pembelian, Teknik penghematan biaya pembelian, Konsep just in time purchasing: Mengurangi pemborosan waktu dalam proses penerimaan material, WIP dan penyelesaian finished goods.

MATERI KHUSUS

Aspek Strategis Manajemen Pembelian & Pengadaan

  • Sudut pandang SCM: Operasional vs Strategis
  • Strategi pembelian & pengadaan dan pengaruhnya: Direct vs Indirect
  • Aspek Efisiensi, customer satisfaction, organizational risk & image

Manajemen Pembelian & Pengadaan sesuai Kondisi & Tipe Bisnis Perusahaan

  • Beragam kondisi dan tipe bisnis perusahaan serta manajemen pembelian yang tepat.
  • Bagaimana menghadapi tantangan yang ada: cost saving, effectiveness, speed, supply chain management.
  • Bagaimana struktur organisasi yang tepat

Manajemen Persediaan: Peramalan, Investasi & Pengelolaannya.

  • Bagaimana melakukan forecast
  • Bagaimana mengurangi investasi pada inventori
  • Bagaimana memperbaiki manajemen inventori

Proses Seleksi, Negosiasi & Pembinaan Supplier

  • Bagaimana menetapkan kriteria seleksi
  • Bagaimana mengevaluasi calon pemasok
  • Bagaimana mengembangkan calon pemasok setelah menjadi pemasok
  • Tehnik negosiasi pembelian dan pengadaan yang efektif.

JADWAL

  • 6-8 November 2013

  •  3-5 Desember 2013

  •  7-9 Januari 2014

  • 4-6 Februari 2014

  • 4-6 Maret 2014

  • 1-3 April 2014

LOKASI

YOGYAKARTA

WAKTU

08.00 – 16.00 WIB

BIAYA

IDR 6,000,000 / peserta Non-Residential, diskon untuk pengiriman 3 orang dari perusahaan yang sama

PESERTA

Training ini ditujukan untuk para Manajer & Staf Logistics, Warehouse, PPIC atau pihak-pihak yang berkepentingan dalam operasional gudang, Manajer & Staf SCM.

METODE

Presentation; Discussion; Case Study; Evaluation;

FASILITAS

Hotel Berbintang; Sertifikat Training; Training Kit; Modul (Hard Copy + Soft Copy); 1x Lunch dan 2x Coffe Break; Souvenir; Transportasi Antar Jemput (minimal 2 orang dari perusahaan yang sama)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: